Jumat, 03 Juli 2015

Apakah Kopi Membantu Anda Menurunkan Berat Badan? Is It Really Efektif?

Apakah Kopi Membantu Anda Menurunkan Berat Badan? Is It Really Efektif?

Peran kopi dalam penurunan berat badan sangat diperdebatkan. Faktanya adalah kopi memiliki dampak positif maupun dampak negatif pada kesehatan Anda. Hal ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan tergantung pada bagaimana dikonsumsi. Ini mengandung kafein yang dapat membantu dalam memobilisasi lemak dari jaringan lemak. Selain kafein, juga mengandung beberapa zat biologis aktif lainnya yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu dalam penurunan berat badan.

Kafein merangsang sistem saraf pusat. Theobromine dan teofilin adalah zat lain dalam kopi yang juga memiliki efek stimulan. Akhirnya, Asam klorogenik hadir senyawa lain dalam minuman yang membantu dalam memperlambat penyerapan karbohidrat.

Kafein merangsang sistem saraf, menyebabkan ia mengirim sinyal ke sel-sel lemak meminta mereka untuk memecah lemak. Lemak dipecah dan dilepaskan ke dalam darah. Ini adalah cara mobilisasi lemak terjadi.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme sekitar 2 sampai 10 persen. Ketika kenaikan tarif metabolisme kita, menjadi lebih mudah bagi tubuh kita untuk menurunkan berat badan. Orang dengan tingkat metabolisme yang lebih tinggi dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan juga bisa makan lebih banyak tanpa kenaikan berat badan. Menariknya, efek kafein pada tingkat metabolisme kurang pada orang gemuk dibandingkan orang langsing. Pada orang kurus, konsumsi kafein dapat menyebabkan peningkatan tingkat metabolisme sebanyak 20% sedangkan pada orang gemuk meningkat mungkin kurang dari 10%. Selain itu, kafein memiliki efek yang lebih kuat pada individu yang lebih muda dari pada yang lebih tua.

Cara lain kopi bisa membantu dalam menurunkan berat badan adalah dengan membatasi nafsu makan Anda, membuat Anda makan lebih sedikit dari yang biasa Anda lakukan. Satu cangkir kopi dapat menurunkan nafsu makan untuk 2 sampai 3 jam. Beberapa orang ingin memiliki kopi setelah makan malam dalam rangka untuk menekan keinginan mereka untuk dessert atau makanan ringan larut malam. Namun, jangan terlalu mengandalkan kopi sebagai penekan nafsu makan.

Karena semua alasan di atas dikutip, mungkin tampak bahwa kopi bisa sangat baik untuk menurunkan berat badan karena kandungan kafein dan efeknya pada peningkatan aktivitas metabolik. Namun ada sedikit masalah. Tubuh kita segera menjadi terbiasa dengan efek kafein. Jadi, kopi bisa baik untuk meningkatkan tingkat metabolisme dalam jangka pendek tetapi tidak dalam jangka panjang.

Suatu hal yang penting untuk diingat adalah untuk minum kopi dalam jumlah sedang. Konsumsi berlebihan dapat memiliki banyak efek negatif pada kesehatan Anda. Anda mungkin menderita insomnia dan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi sepanjang hari jika Anda mengkonsumsi minuman dalam jumlah tinggi. Tingkat stres yang lebih tinggi dapat memicu makan berlebihan di banyak orang. Jadi, minum kopi lagi untuk menurunkan berat badan mungkin sebenarnya menyebabkan stres dan menyebabkan makan berlebihan, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar